Cara Mengunci Aplikasi Android ? Coba 3 Cara Terbaru Ini

Cara Mengunci Aplikasi Android - Saat ini, berbagai smartphone baru yang bermunculan memang menawarkan fitur keamanan yang lebih terjamin dan terjaga berkat keberadaan sensor sidik jari.

Selain itu, untuk smartphone baru yang rilis di kelas yang lebih tinggi, ada fitur pengenalan wajah untuk keamanan yang jauh lebih ketat. Hanya saja, sayangnya berbagai fitur canggih tersebut terbatas hanya untuk mengunci hp Android, bukan aplikasi secara spesifik.

Lantas, bagaimana denganmu yang ingin menambah tingkat keamanan untuk data-data pribadi penting, seperti video, foto, dan chat untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja? Tenang saja, karena masih ada cara mengunci aplikasi yang bisa kamu jadikan sebagai solusi untuk keamanan perangkat dan data yang lebih ketat, kok.

Cara mengunci aplikasi ini dilakukan dengan men-download dan install aplikasi khusus yang memang berfungsi sebagai pengunci aplikasi. Kamu bisa mendapatkan aplikasi seperti ini dari Playstore secara cuma-cuma alias gratis, kok. Selain itu, banyak juga aplikasi yang sudah terbukti keandalannya, serta aman digunakan.

Apa saja ya aplikasi pengunci yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengunci aplikasi untuk smartphone-mu? Simak daftarnya berikut ini, yuk!

Cara Mengunci Aplikasi Android Update

1. AppLock

Cara Mengunci Aplikasi Android

Aplikasi yang satu ini sudah diunduh lebih dari 500 juta pengguna Android. Jadi, tak heran kalau AppLock pun menjadi salah satu aplikasi pengunci terbaik dan paling direkomendasikan. Dibuat dan dikembangkan oleh DoMobile,

AppLock punya fungsi yang sangat jelas dan sesuai dengan namanya, yaitu untuk mengunci aplikasi di smartphone, sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Oh iya, meskipun AppLock memang merupakan nama aplikasi tersendiri, pada akhirnya banyak orang yang menggunakan istilah applock untuk menyebut program pengunci aplikasi smartphone secara keseluruhan.
Cara Mengunci Aplikasi Android

Bukan hanya bisa digunakan sebagai cara mengunci aplikasi, AppLock pun dapat membantu kamu untuk mengamankan pengaturan alias setelan. Dengan begitu, kamu juga bisa mencegah risiko penghapusan aplikasi atau pengubahan setelannya. Bahkan, aplikasi pengunci ini juga bisa mencegah orang lain selain kamu menjawab panggilan masuk, lho!

Pengaman yang diberikan oleh AppLock adalah dalam bentuk PIN. Meski begitu, ada juga pilihan proteksi aplikasi dengan menggunakan sidik jari, yang pastinya lebih aman. Di samping itu, keunggulan lain dari aplikasi keamanan ini adalah adanya berbagai tema menarik yang pasti tidak akan membuatmu bosan menggunakannya.

2. CM Locker

Cara Mengunci Aplikasi Android

CM Locker pun merupakan salah satu program yang bisa digunakan sebagai cara mengunci aplikasi di smartphone Android. Bahkan, CM Locker juga tak kalah populer jika dibandingkan dengan AppLock. Hal ini bisa ditunjukkan dengan jumlah data downloader-nya, yang juga sudah menembus angka 500 juta pengguna.

Pastinya, CM Locker dapat dimanfaatkan untuk mengunci aplikasi-aplikasi tertentu yang ingin kamu “amankan”. Di samping itu, aplikasi ini pun bisa melindungi berbagai data penting demi keamanan privasimu, seperti video, foto, sampai layar smartphone.
Cara Mengunci Aplikasi Android

Selain untuk mengunci aplikasi, CM Locker pun menawarkan dua fitur lainnya yang tak kalah andal dan mampu meningkatkan keamanan perangkat maupun datamu. Kedua fitur tersebut adalah fitur Anti-Theft alias anti maling dan Intruder Selfie alias selfie penyusup, atau orang yang mencoba mengutak-atik aplikasi yang dikunci.

Nantinya, si penyusup akan diambil fotonya secara otomatis dengan kamera depan begitu ia salah memasukkan PIN atau kata sandi untuk membuka aplikasi yang terkunci. Foto tersebut akan langsung tersimpan di memori perangkatmu.

Oh iya, ada juga fitur lain yang ditawarkan CM Locker, namun tidak berkaitan langsung dengan keamanan aplikasi atau smartphone. Fitur tersebut adalah Weather Forecast alias ramalan cuaca, yang menawarkan prakiraan cuaca sampai dengan seminggu ke depan. Sungguh aplikasi yang multifungsi, kan?

3. LOCKit

Dengan mengunduh dan mem
Cara Mengunci Aplikasi Android
asang LOCKit ke dalam smartphone, kamu tak perlu lagi khawatir ketika teman atau pacar meminjam smartphone-mu. Soalnya, aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan sebagai cara mengunci aplikasi, tapi juga menyamarkan layar smartphone yang bisa membingungkan orang-orang yang ingin mengutak-atik galeri atau aplikasi yang terkunci. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir kalau smartphone-mu digeledah tanpa kamu sadari.

Dengan aplikasi pengunci ini, kamu bisa memilih satu dari berbagai opsi proteksi keamanan yang ditawarkan. Contohnya termasuk membuka kunci dengan pattern alias pola, sidik jari, maupun PIN. Kemudian, mirip dengan CM Locker,

 aplikasi LOCKit ini juga bisa memotret foto penysup alias intruder yang sedang mencoba mengakses smartphone-mu secara diam-diam secara otomatis. Foto tersebut juga akan langsung masuk ke dalam memori smartphone dan bisa kamu cek supaya kamu tahu siapa pelakunya.

Untuk bisa menggunakan ketiga aplikasi di atas, kamu hanya perlu masuk ke dalam Playstore dan mencari aplikasi yang kamu butuhkan dengan mengetik namanya di kolom pencarian. Kemudian, download dan tunggu sampai akhirnya aplikasi ter-install dan bisa digunakan.
Cara Mengunci Aplikasi Android

Buat pengaturan aplikasinya sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Saat memilih kode atau pola keamanan, pastikan kamu memilih kode atau pola yang tidak mudah ditebak orang lain, tapi mudah kamu ingat, ya!

Selain itu, kamu tak perlu khawatir soal keamanan perangkatmu karena ketiga aplikasi di atas sudah dijamin keamanannya oleh Google. Hal ini tentu berbeda dengan jika kamu memilih untuk men-download dan install aplikasi dari luar Google Playstore, yang tidak terjamin keamanannya dan bisa jadi merupakan aplikasi malware atau penyebar virus di dalam smartphone-mu.


Nah, itulah beberapa cara mengunci aplikasi yang bisa kamu pilih untuk mengamankan smartphone dan data-data penting untuk privasimu yang selalu terjaga. Selamat mencoba!

0 komentar

Posting Komentar