Apa Perbedaan jaringan 5G dan 6G ? Seberapa Cepat dari 4G? - Gubuk Android
News Update
Loading...

Apa Perbedaan jaringan 5G dan 6G ? Seberapa Cepat dari 4G?

Mengenal perbedaan antara 5G dan 6G. Dari namanya saja sudah diketahui bahwa 6G secara luas diyakini lebih canggih, lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan 5G. 

6G adalah teknologi masa depan yang digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat instan secara cepat dan stabil.

Salah satu perusahaan teknologi yaitu Huawei telah mengumumkan bahwa mereka telah memulai penelitian tentang jaringan 6G. Menurut CEO Huawei yang juga menjadi pendiri perusahaan asal Tiongkok itu, Ren Zhengfei mengatakan itu masih dalam fase awal dan masih 10 tahun lagi sebelum diluncurkan untuk komersial.

Perbedaan jaringan 5G dan 6g


Istilah 6G sebenarnya masih merupakan simbol (sebutan asal), karena definisi standar masih belum ada.

untuk mengetahui lebih lanjut jaringan 6G simak ulasannya di artikel Apa itu jaringan 6G ? Berapa Kecepatan Jaringan 6G ? Apakah Berbahaya?

Meskipun belum ada penamaan yang pasti, namun teknologi ini sudah dikembangkan di sejumlah negara.

Apa Sih Perbedaan antara 5G dan 6G ?

Perbedaan utama antara 5G dan 6G adalah penggunaan gelombang milimeter yang memungkinkan penggunaan frekuensi energi tinggi.

Penggunaan frekuensi yang lebih tinggi ini akan meningkatkan kecepatan koneksi, rentang perambatan gelombang, serta menciptakan jaringan yang lebih stabil.


Perbedaan penggunaannya juga dapat terlihat di waktu rilisnya. Jaringan 5G telah tersedia di tahun 2020 untuk penggunaan komersial. Bahkan sudah ada banyak smartphone yang telah mendukung jaringan 5G.

Sedangkan untuk jaringan 6G masih dalam pengembangan tahap awal dan di perkirakan baru siap digunakan secara komersial di tahun 2030. 

Apa itu 5G ?

Jaringan 5G adalah istilah untuk generasi kelima dari standar telekomunikasi seluler yang dipastikan menggantikan standar 4G.

Teknologi 5G resmi dirilis pada tahun 2020 untuk sistem operasi seluler. Kecepatan 5G berkisar dari 50 Mbps hingga lebih dari 2 Gbps. Diperkirakan akan terus tumbuh hingga mencapai 10 Gbps, 100 kali lebih cepat dari 4G.

Jaringan 5G merupakan layanan broadband seluler terbaru saat ini (2020) yang memberikan peningkatan kinerja, efisiensi, dan biaya.

Seperti kita ketahui bahwa kebutuhan internet makin lama makin meningkat. Di Era modern ini kita mengenal yang namanya virtual reality atau sering disebut VR.

5G hadir memberikan jaringan yang lebih baik untuk berbagai perangkat seperti smartphone 5G yang akan mengantar pada pengalaman mendalam di dunia VR. Kecepatan data yang tinggi serta latensi yang lebih rendah sangat membantu sekali untuk menjalankan perangkat dengan baik.

Berapa kecepatan 5G ?

5G diharapkan mampu memberikan kecepatan data maksimal hingga 20 Gbps. Tiap perangkat memiliki kecepatan data puncak yang berbeda.

Sebagai contoh modem Qualcomm Snapdragon X50 5G, dirancang untuk mencapai kecepatan data puncak unduh hingga 5 Gbps.

Selain kecepatan data puncak yang lebih tinggi, 5G unggul dalam kapasitas jaringan yang jauh lebih banyak dengan berekspansi ke spektrum baru, contohnya seperti gelombang milimeter (mmWave).

Jaringan 5G juga menjanjikan latensi yang jauh lebih rendah dibandingkan 4G. Hal ini tentu bermanfaat sekali terutama bagi orang yang suka main game online. Koneksi dipastikan jauh lebih stabil karena latensi yang lebih rendah.

Dibandingkan 4G, 5G mempunyai banyak keunggulan yang diantaranya adalah menggunakan spektrum yang lebih baik, lebih cepat, rendah latensi, kapasitas lebih, dan platform terpadu yang lebih mumpuni.

Perbandingan kecepatan 4G, 5G dan 6G


Rata-rata kecepatan 4G berada di kisaran 40 - 60 Mbps. Sedangkan kecepatan maksimal berada dikisaran 300 Mbps. 

Perbedaan jaringan 5G dan 6g



Kecepatan 5G umumnya dapat mencapai 1 Gbps, atau sekitar sepuluh kali lipat kecepatan 4G. Namun secara teori kecepatan maksimum 5G sanggup mencapai 10 Gbps.

Lalu berbeda lagi dengan jaringan 6G, meski di tahun 2020 masih dalam tahap pengembangan awal. Para peneliti memprediksi 6G mampu memiliki kecepatan hingga 1 TBps atau 8 Tbps atau 8000 gigabit per detik.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done